Dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pasien lansia hipertensi pada fasilitas kesehatan primer pemerintah di denpasar

Family support on medication compliance of elderly hypertension patients at the government primary health care in denpasar

Authors

  • Ni Made Ayu Candra Dewi Universitas Bali Internasional
  • Ida Ayu Manik Partha Sutema Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Bali Internasional
  • Dewa Ayu Putu Satrya Dewi Universitas Bali Internasional
  • Made Sudiari Universitas Bali Internasional

DOI:

https://doi.org/10.36376/bmj.v9i1.200

Keywords:

Family Support, Medication Compliance, Hypertension

Abstract

Menurut data hasil Riset Kesehatan Dasar di Indonesia, Prevalensi hipertensi di Bali berkisar 3,4-8,4%. Hipertensi membutuhkan pengobatan jangka lama, masalah yang sering dihadapi ialah ketidak patuhan pasien dalam melakukan terapi perawatan yang sedang mereka jalani. Ketidakpatuhan dalam pengobatan hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi dan kerusakan organ. Lansia sangat beresiko mengalami kegagalan pengobatan akibat ketidak patuhan dalam menjalani pengobatan (World Health Organization, 2014). Pada kondisi lansia yang cepat lelah, keterbatasan gerak dan penurunan kemampuan mengurus dirinya maka sangat membutuhkan dukungan keluarga. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Hipertensi di Fasilitas Kesehatan Primer Kota Denpasar Selatan. Metode : Metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden pada penelitian ini berjumlah 80 orang di Fasilitas Kesehatan Primer Kota Denpasar Selatan sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dukungan keluarga adopsi dari (fitri,D,2014 )dan MMAS-8. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil : Hasil pada penelitian didapatkan persentase dukungan keluarga baik sebesar 75%. Persentase kepatuhan minum obat rendah sebesar 10%, kepatuhan sedang sebesar 52,5% dan tinggi sebesar 37,5%. Dimana kuesioner MMAS-8 kategori patuh merupakan gabungan dari kategori sedang dan tinggi, total persentase yang didapat ialah 90 % dikategotikan patuh. Uji dengan Spearman Rho didapatkan nilai p value = 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,436. Kesimpulan : Terdapat  hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada Lansia Hipertensi di Fasilitas Kesehatan Primer Kota Denpasar Selatan dengan arah hubungan yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Kesehatan (2018) Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI ( http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf).

Association, A. H. (2014) Heart Disease and Stroke Statistics. AHA Statistical Update, p. 205.

Kozier (2010) Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis. Edisi 5. Jakarta: EGC.

Dinas Kesehatan (2015) Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2015. Bali: Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Riset Kesehatan Dasar (2018) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Kota denpasar (2018) Profil Kesehatan Kota Denpasar Tahun 2018. Denpasar.

Gama, Sarmadi and Harini (2014) Faktor Penyebab Ketidakpatuhan Kontrol Penderita Hipertensi. http://www.poltekkes-denpasar.ac.id.

Fatmah, N. S. (2012) Kepatuhan Pasien Yang Menderita Penyakit Kronis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Jaeynisha Mathavan, G. N. I. P. (2017) Gambaran tingkat pengetahuan terhadap hipertensi dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas kintamani I, Bangli-Bali. Bali: Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

World Health Organization (2014) Maternal Mortality. In: Reproduction Health and Research, editor. Geneva.

Rokhma Dewi, A., Wiyono, J. and Candrawati, E. (2018) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Berobat Pada Pasien Penderita Hipertensi Di Puskesmas Dau Kabupaten Malang. Malang: Nursing News.

Chambers, J. A. et al. (2010) Adherence to medication in stroke survivors : a Qualitative comparison of low and high adherence.

Flynn, S. (2013) ‘Facilitators and barriers to hypertension self-management in urban African Americans: perspectives of patients and family members’, NCBI Journal, volume 07.

Qorry Putri Rasajati , Bambang Budi Raharjo, D. N. A. N. (2015) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang. Semarang: Unnes Journal of Public Health.

Glick, I.D, Anya H. Stekoll, dan S. H. (2011) ‘The Role of the Family and Improvement in Treatment Maintenance, Adherence, and Outcome for Schizophrenia’, . Journal of Clinical Psychopharmacology, Volume 31.

Saepudin, dkk (2013) ‘Kepatuhan penggunaan obat pada pasien hipertensi di Puskesmas’, Jurnal Farmasi Indonesia, 6(4), pp. 246–253.

Purnawinadi, I Gede, Jessica Irene Lintang.(2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi.Program Studi Ilmu Keperawatan.Universitas Klabat.Vol.6,No.1

puspita, sandra (2018) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Seyegan Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Aisyoyah Yogyakarta.

Maryanti, R. (2017) Hubungan Kepatuhan Minum Obat Terhadap Peningkatan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jombang: STIKES Insan Cendekia Medika.

Toulasik.Y.A (2019) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Di RSUD PROF DR.WZ.JOHANNES KUPANG-NTT. Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Rasajati, Raharjo and Ningrum (2015) Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kudungundu. Semarang.

Wahyu, G. and Ariastuti, P. (2015) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pengobatan Hipertensi Pada Lansia Binaan Puskesmas Klungkung 1. Denpasar: Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Yeni,Fitra.,Husna M &Dachriyanus.(2016).Dukungan Keluarga Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Hipertensi.Jurnal Keperawatan Indonesia,Vol.19,No.3.

Yulike, Sefti and Rivelino (2017) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Berobat Pada Pasien hipertensi di Puskesmas Ranotana Weru’, e-Journal Keperawatan, 5 (1).

Wawan (2010) Teori dan Pengukuran Pengetahuan Perilaku dan Sikap Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Amira, B. W. (2018) ‘Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pasien Hipertensi dalam Melakukan Terapi di Puskesmas Panandaran Kota Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), volume 6.

Exa Puspita (2016) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penderita Hipertensi dalam Menjalani Pengobatan di Puskesmas Gunungpati Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Susanto, Y. (2015) ‘Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hpertensi Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Cuka Kabupaten Tanah Laut’, Jurnal Ilmiah Manuntung, 1(1), pp. 62–67.

Susanto, Y. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Cuka Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Ilmiah Manuntung, 1(1), 62. https://doi.org/10.51352/jim.v1i1.14

Published

2022-07-31

How to Cite

Dewi, N. M. A. C. ., Sutema, I. A. M. P. ., Dewi, D. A. P. S. ., & Sudiari, M. . (2022). Dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pasien lansia hipertensi pada fasilitas kesehatan primer pemerintah di denpasar: Family support on medication compliance of elderly hypertension patients at the government primary health care in denpasar . Bali Medika Jurnal, 9(1), 11–25. https://doi.org/10.36376/bmj.v9i1.200